Jumat, 29 November 2013

Kunjungan Industri

KUNJUNGAN INDUSTRI SMK TERUNA JAYA 1 GUNUNGKIDUL TAHUN 2013


Hari rabu 27 Novbember 2013 di SMK Teruna Jaya 1 Gunungkidul mengadakan kunjungan industri yang dilaksanakan pada empat lokasi. Dalam kunjungan industri tersebut memiliki tujuan yaitu agar siswa memperoleh pengalaman tentang dunia kerja dan mekanisme kerja, agar siswa memahani kemajuan teknologi dalam dunia kerja, dan agar siswa memahami tentang peluang kerja dan kompetensi tenaga kerja.Lokasi kunjungan industri tersebut yaitu Balai Besar Kulit, Karet, Dan Plastik , Redaksi dan Percetakan Tribun Jogja, Komplek Tamansari, Dan Pusat Belanja Malioboro.

Lokasi pertama di Balai Besar Kulit,Karet, Dan Plastik sampai di sana pukul 08.30 yang di sambut oleh karyawan dan pegawai dengan ramah dan sopan, kemudian kami di persilahkan untuk masuk ke Karet Room. Di ruangan tersebut kami di beri penjelasan dan cara pembuatan di tempat lokasi tersebut.Di dalam balai tersebut di pimpin oleh bapak Ramlan Subagyo. M,Eng.dan kegiatan pokok di lokasi tersebut yaiu:
*Melakukan kegiatan penelitianj dan pengembangan
*sertifikasi
*pengujian bahan-bahan
*standarisasi
*ahli teknologi dan inkubasi
*Pelatihan teknis da masih banyak lagi.
 Setelah selesai kami di ajak keliling oleh karyawan untuk melihat langsung penyamaa kulit, dan kami pun di ajak untuk melihat langsung ke laboratorium penyamaan kulit.

Perjalanna selanjutnya yaitu ke Redaksi dan Percetakan Tribun Jogja sekitar pukul 11.30 yang beralamat Jalan Jendral Sudirman No 52. Sampai di lokasi kami di jelaskan cara dan bagaimana mendapatkan informasi dan bagaimana membuatnya. Di lokasi trsebut pertama terbit yaitu di yogyakarta, 11 April 2011,derektur utama di tempat tersebut yaitu Herman Darmo,jumlah percetaka setiap hari yaitu 73.000 exemplar dan jumlah halaman terbit yaitu 24 halaman. Isi terbitannya yaitu Berita seputar DIY, berita seputar kabar indonesia,style,iklan,jogja life,dan olahraga.

Kemudian perjalanan selanjutnya ke komplek Tamansari yang terletak di kelurahan patehan kecamatan kraton. Kami sampai di sana di beri penjelasan tentang sejarah yang ada di lokasi tersebut. Bangunan tersebut di angun tahun 1691 dan selesai tahun 1758,  sengkala yang di lokasi tersebut yaitu " Lajering Sekar Sineping Paksi " setelah mendapat informasi tersebut kami pun bertanya tentang macam-macam bangunan dan model. Modeel bangunan tersebut yaitu eropa, china, portugis, hindu dan jawa. Kemudian macam bangunan yaitu :
a. Gedung sekawang berfungsi untuk menyimpan dan meletakka gamelan serta tempat tarian
b. Gapuro panggung berfungsi tempat raja menonton tari-tarian
c. Sumur Gumuling digunakan untuk wudhu
d, Umbul pamuncar untuk mandi anak-anak raja
e. umbul panguras untuk mandi para selir raja dan
f. Umbul Binagun untuk mandi raja
g. pulau panembung untuk tempat bertapa raja
h. tangga lima tempat untuk adzan
i. urung-urung jalan rahasia untuk lewat raja dan
j. dermaga untuk pemberhentikan kapal-kapal
Setelah mendapatkan informasi tersbut kami berkeliling memasuki lorong-lorong rahasia dan juga berkeliling di sekitar area tersebut, Setelah semua sudah berkeliling kami menuju bus untuk beristirahat dan ganti pakaian.

Perjalan terakhir yaitu di Pusat Belanja Malioboro . Sampai di pusat belanja tersebut kami turun bus dan menuju ke tempat belanja secara bersama-sema. Setelah itu kami pisah tempat untuk memilih dan mencari baju,oleh-oleh dan laennya. Setelah semua sudah capek dan selesai mencari keinggin dan kebutuhnya kami balik ke bus untuk pulang .

Itulah kunjungan industri yang yang kami laksanakan.... :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar