Selasa, 28 Mei 2013

DESA KU BLEMBEMAN

Desa blembeman adalah desa yang terletak di daerah Natah,Nglipar Gunungkidul. Desa ini sudah tak asing lagi buah orang-orang yang ada di sekitarnya. Desa ini mempunyai sejarah sedikit yang aku ketahui, dulu desa ini adalah desa yang terpencil hanya berpendudukan sedikit dan sangat tenang dan damai. Desa ini disebut dengan sebutan desa stren, di bilang desa stren karena tahan warga dulu seperti pasir. Tahan tersebut sangat lah subur dan bagus jika di tanami tanaman apa saja. Sehingga warga menyebutkan stren.

Mata pencaharian penduduk di sini kebanyakan petani, tetapi ada juga yang berdagang.Dalam lahan warga di tanami berbagai tanaman yang bisa menguntungkan warga sendiri, seperti singkong,kedelai, maupun kacang tanah. Dan ada pula yang menanami sayurannya di kebunnya untuk kebutuhan sehari-harinya.

 Pendidikan di desa ku ini sangat banyak dengan pelajarnya maupun anak-anak balita. Anak-anak sekolah mulai dari anak-anak PAUD,TK,SD,SMP dan SMK.Bila anak-anak remaja kebanyakan sudah tak sekolah lagi mereka kerja di luar kota, Kebanyakan remaja di desaku kerja di jakarta,tapi ada pula yang kerja di jogja maupun klaten.

 Tak ketinggalan pula di desaku ini pun terdapat musholah yang di gunakan untuk mengaji bersama, sholat bersama,saat bulan puasa pun warga sini maupun warga lain yang datang ke desa ku ini  sangat banyak dan sering mengaji di mushola tak hanya saat bulan puasa setiap malam pun ada. Agama di desaku ini semua mayoritas islam, tetapi jika ada yang berbeda agama pun saling menghargai satu sama lain, dan tidak saling mengejek maupun memusuhinya.

Di desaku ini ada kegiatan di setiap warga seperti bapak-bapak di setiap malam jum'at mereka pada arisan di mushola sambil sholat bersama dan jaga malam di setiap malam. Buat ibu-ibu disetiap malam selasa, ada pula mereka bersama-sama mengadakan kegiatan itu bersama-sama pada malam minggu.Kebudayaan di desaku ini setiap 1 tahun sekali di adakanya rasulan tak hanya itu pula, jika ada seseorang yang hamil pun jika sudah 7 bulan di adakan pengajian bersama sedangkan saat ada orang meninggal pun juga seperti itu.Dalam pengadakan hal seperti itu biasanya di pimpin oleh seseorang yang sudah terbiasa melaksanakan hal tersebut.Buat anak-anak remaja hanya sering mengumpul di mushola untuk tadarusan bersama-sama.

Di desaku selalu bersama-sama jika melakukan kerja sama, seperti jika pada saat ada seorang warga melakukan pembangunan rumah warga lain membantunya, jika saat seseorang melakukan pekerjaan yang terlalu berat dan yang pantas di bantu selalu di bantu dengan warga lainnya untuk membantu. Warga di desa ku setiap pada minggu pagi selalu melaksanakan kerja bakti bersama, bergotong royong bersama. Dan juga dalam memecahkan suatu masalah di desa ku selalu di selesaikan bersama-sama tanpa ada bertengkaran maupun musuhan..

Warga memiliki suatu peliharaan hewan yang di pelihara di rumahnya masing-masing seperti ayam, sapi , kambing , dan ada pula yang itik. Dalam memelihara hewannya warga di desa ku selalu menjaganya agar tidak mengganggu  warga lain, maupun merusak lahan orang lain. Di desaku semua warga mayoritas memiliki suatu lahan atau sawah untuk di cocok tanami jadi setiap warga harus saling menjaga atau memelihara hewan peliaraan masing-masing dengan baik dan tanpa mengganggu lingkungan sekitarnya.

Warga di desa ku ini ada pula yang berwirausahaan mulai dari membuka warung kecil-kecilan dan ada pula yang membuat kerajinan tanggan, dalam kerajinan tanggan seperti membuat kepang, tenggok. Dan ada pula yang memanfaatkan pohon pisang atau sering di sebut gedebok. Warga sering mengeringkan dan di jual ke pada pedagang.

Dalam berkomunikasi dengan orang lain di desa ku selalu berkata dengan baik tanpa menyakiti perasaan orang lain maupun menyinggung prasaan orang lain. Dulu warga desaku jika ingin berpergian hanya jalan kaki dan menyepeda dan dalam, tetapi sekarang dengan kemajuan zaman yang semakin canggih warga di desaku ada yang menggunakan motor , mobil tetapi ada pula yang naik angkutan jika inggin berpergian maupun keluar rumah.


Ini lah cerita di desa ku ,,, :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar